PENCARIAN

Jadwal Sidang Perkara Banding
Tahun 2019

Nomor Perkara Tingkat Pertama /
Jenis Perkara
Nomor Perkara Tingkat Banding Jadwal Sidang Agenda Sidang

0766/Pdt.G/2018/PA. Sglt

Pemabagian Harta bersama

 

04/Pdt.G/2019/PTA.BB 29 Agustus 2019 Pemeriksaan Pokok peerkara

     

poolingweb

Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung Bahas Daftar Invetarisasi Masalah di Pengadilan Agama se-wilayah Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang, 17 Juni 2019. Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung melaksanakan rapat koordinasi pembahasan Daftar Invetarisasi Masalah di Pengadilan Agama se-wilayah Bangka Belitung. Pembahasan ini sesuai dengan surat Direktur Jendral Peradilan Agama Nomor 1778/DJA/OT.01.3/V/2019 tentang Daftar Invetarisasi Masalah yang meminta seluruh Ketua Mahkamah Syariah Aceh/Pengadilan Tinggi Agama untuk melaksanakan rapat koordinasi yang membahas tiga klasifikasi permasalahan yaitu permasalahan Teknis Yudisial, Kepaniteraan, dan Kesekretariatan.

Menindaklanjuti surat ini, Pengadilan Agama telah membahas dan mengusulkan Daftar Invetarisasi Masalah kepada Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung. Pengadilan Agama Pangkalpinang, telah meng-inventarisasi masalah dengan tiga klasifikasi permasalahan tersebut yaitu 1) Kesekretariatan terkait dengan tidak adanya keseragaman SOP, belum adanya sarana untuk penerapan Stand Pelayanan e-cort, dan konten website yang belum terisi. 2) Kepaniteraan, terkait dengan lemari arsip yang tidak memenuhi standar, 3) Teknis Yudisial terkait dengan proses mediasi dan penetapan mediator saat sidang pertama ketua Majelis berhalangan serta terkait kasus gugatan harta bersama perceraian suami istri.

Pengadilan Agama Tanjung Pandan, telah menginvetarisasi masalah sebagai berikut: 1) Kesekretariatan terkait dengan penambahan pejabat pengadaan barang/jasa, minimnya anggaran perjalanan dinas, kurangnya sumber daya aparatur peradilan dan teknologi informasi, 2) Kepaniteraan terkait dengan sinkronisasi data SIPP lokal ke SIPP yang di website Pengadilan Agama Tanjung Pandan yang eror, sinkronisasi direktori putusan Pengadilan Agama Tanjung Pandan ke server Mahkamah Agung sering terlambat serta minimnya alokasi anggaran pembebasan biaya perkara dan 3) Teknis Yudisial terkait dengan eksekusi harta bersama  yang berdiri di atas tanah milik orang tua

Beberapa permasalahan tersebut, selanjutnya dibahas di Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung hari ini. Rapat ini guna melihat apakah permasalahan tersebut menjadi permasalahan prioritas, dan  benar-benar tidak bisa diselesaikan secara internal oleh lembaga Peradilan Agama. Sehingga, usulan daftar invetarisasi masalah yang disampaikan ke Badan Peradilan Agama merupakan usulan yang menjadi akar masalah dan benar-benar penting untuk mendukung efektifitas dan efisiensi aktivitas peradilan.

(YK dan NR/Foto: NR)

Statistik Pengunjung

142588
Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
518
667
2433
136614
13926
24710
142588

Your IP: 18.206.13.39
2019-08-21 20:26

w3c html 5w3c wai AAA