on . Hits: 26

GUNA MENGETAHUI CARA PENANGANAN KEBAKARAN YANG BENAR

PA SUNGAILIAT ADAKAN SIMULASI KEBAKARAN

BERSAMA TIM PEMADAM KEBAKARAN SETEMPAT


Sungailiat | pa-sungailiat.go.id                                                         

Bencana alam, kebakaran, banjir dan lainnya adalah suatu bencana yang tidak dapat diprediksi namun bisa diatasi jika kita tahu cara penanganannya. Untuk itu demi bisa mengatasi apabila salah satu hal tersebut di atas terjadi, maka Pengadilan Agama Sungailiat mengadakan kegiatan simulasi penanganan kebakaran bersama dengan tim pemadam kebakaran Kabupaten Bangka. Pada kegiatan ini tim pemadam kebakaran hadir lengkap bersama tim dengan membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Pada kesempatan kali ini di jelaskan tentang penggunaan dan berapa macam jenis APAR sebagai alat pemadam api. Selain itu juga diberitahukan bagaimana cara pengecekan rutin bahwa APAR masih layak digunakan atau tidak, yaitu dengan membolak-balikkan tabung APAR yang kemudian bisa terdengar suara yang dihasilkan. Apabila suara yang terdengar seperti desisan maka apar masih layak untuk digunakan. Cara tersebut dilakukan minimal setiap satu bulan sekali. Untuk APAR yang lebih baik di miliki yaitu CO2, sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya.

Tidak hanya dijelaskan tentang penanganan kebakaran yang terjadi dengan menggunakan APAR, tapi juga bagaimana cara kita menangani apabila terjadi kebocoran pada tabung gas. Langkah apa yang harus diambil dan bagaimana cara penanganan pertamanya. Terlebih dahulu kita harus memiliki karung goni atau kain tebal yang sudah dibasahi dengan air sebagai media yang digunakan untuk memadamkan api. Apabila tercium bau gas, maka hindari untuk menyalakan lampu, buka lebar jendela dan pintu, kemudian cabut regulator tabung gas. Jika api sudah menjalar, maka cabut regulator dengan menggunakan karung goni basah. Begitu juga apabila kuali atau peralatan di atas kompor sudah terbakar, tutup dengan karung goni basah dan perhatikan kepala api (arah api tersebut).

Kegiatan yang dilakukan di halaman parkir belakang dari Pengadilan Agama Sungailiat ini cukup membuat antusias para aparatur. Dari acara simulasi ini mengajarkan bahwa jangan panik dan jangan takut apabila kita mengetahui ada kebakaran. Segera lakukan pemadaman dengan menggunakan alat-alat yang sudah disebutkan, yaitu APAR juga karung goni basah.

Terimakasih kepada tim anggota dinas kebakaran yang telah memberikan pelatihan dan juga informasi bermanfaat kepada kami semua. Semoga Pengadilan Agama Sungailiat selalu aman dan terhindar dari kebakaran. (NWK)

Tautan Aplikasi

Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung @ 2021