on . Hits: 52

SOSIALISASI EVALUASI ZI MENUJU WBK DAN WBBM

 

pta-babel.go.id||Pangkalpinang, 11 November 2021. Dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pelaksanaan evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayanai (WBBM) Tim Penilai Internal (TPI) dan Tim Penilai Nasional (TPN), Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menyelenggarakan sosialisasi Evaluasi ZI menuju WBK dan WBBM Tahun 2021 kepada seluruh satuan kerja yang lolos kedalam usulan WBK dan WBBM. Kegiatan tersebut dilaksankan secara online bertempat di command center maupun media center masing-masing satker.

Satker-satker yang mengikuti sosialisasi tersebut diberikan kesempatan untuk bertanya seputar penilaian WBK dan WBBM yang dilaksankan oleh Kemenpan RB. Pada bulan yang lalu, telah selesai dilaksanakan survey terhadap responden yang telah di ajukan oleh satker masing-masing. Dengan demikian, tahapan selanjutnya yang harus dilewati yakni evaluasi lapangan dan desk evaluation, namun untuk evaluasi lapangan hanya dilakukan pada beberapa satker saja sebagai sampel.

Penentuan sampel itu sendiri sebanyak 30% dari populasi unit kerja yang diajukan, unit yang dijadikan sampel ditentukan dengan mekanisme dibagi dalam 2 kluster yaitu klister tinggi dan rendah. Kluster tinggi adalah unit kerja yang memiliki nilai pengungkitnya di atas median dan kluster rendah adalah unit kerja yang memiliki nilai pengungkit di bawah median. Kluster tinggi adalah 20% dari populasi dan kluster rendah 10% dari pupulasi.

Pada pelaksanaan evaluasi lapangan, Tim TPI akan mendampingi tim dari Kemenpan RB untuk membantu dalam pelaksanaan evaluasi dan diskusi di Satker. Ada sekitar 36 satker yang akan dikunjungi. Terdapat perbedaan penilaian bagi satker yang mengikuti penilaian WBK dan WBBM. Perbedaan WBK dan WBBM, dilihat dari peningkatan apa yang lebih dan diupayakan satker terkait inovasi atau layanan yang lebih baik. Progress itulah yang paling mereka gali. Kaitannya dengan inovasi melihat pada dampaknya pada masyarakat pengguna layanan, ataupun terkait dengan tambahan fitur maupun tingkatan antara proses WBK ke WBBM.

Sedangkan pada pelaksanaan Desk Evaluation, TPI akan melaksanakan pendampingan dan bukan lagi untuk menguji melainkan lebih kepada meyakinkan bahwa proses Pembangunan Zona Integritas tersebut telah berjalan, sementara itu satker perlu mengupdate informasi terkait dengan layanan yang disediakan. DNF

Add comment


Security code
Refresh

Tautan Aplikasi

Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung @ 2021