on . Hits: 182

KETUA PENGADILAN AGAMA SUNGAILIAT
TURUT HADIR DALAM PENYELENGGARAAN RUKYATUL HILAL
PENENTUAN AWAL RAMADHAN 1442 H.

 
Sungailiat | pa-sungailiat.go.id    
Senin, 12 April 2021 Ketua Pengadilan Agama Sungailiat Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H. dengan didampingi oleh Panitera Muda Gugatan Hermansyah, S.H., M.H. menghadiri kegiatan rukyatul hilal dalam rangka penentuan 1 Ramadhan 1442 H. Bertempat di Pantai Tanjung Raya, Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dimulai sejak pukul 15.30 WIB s.d. selesai.

Adapun tim rukyat terdiri dari petugas dari Kanwil Kemenag Provinsi Bangka Belitung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pangkalpinang, Badan Hisab Rukyat Bangka Belitung serta tim dari Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung. Rukyat dilakukan dengan menggunakan alat yang sudah disediakan di tempat seperti Theodolite dan teleskop serta peralatan lainnya yang dibutuhkan.

 
Pelaksanaan rukyat secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Aziz, M.H. dan setelah dilakukan rukyat menjelang matahari terbenam, ternyata hilal tidak terlihat di tempat tersebut. Dalam kesempatan yang sama beliau menyampaikan bahwa meskipun hilal belum terlihat namun berdasarkan hisab sudah di atas 3º dan di tempat lain sudah ada yang terlihat. Meskipun demikian kita masih menunggu hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI, ujar beliau.(BRs)

Tautan Aplikasi

Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung @ 2021