on . Hits: 268

SIMULASI ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

DI PENGADILAN AGAMA PANGKALPINANG

 

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkalpinang, Ibu Sri Roslinda, S.Ag., M.H, pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021 membuka acara kegiatan Simulasi Alat Pemadam Api Ringan yang dilaksanakan di halaman belakang lapangan parkir Pengadilan Agama Pangkalpinang. Simulasi yang dimulai sekitar pukul 08.30 Wib ini di ikuti oleh Wakil Ketua, Hakim, dan seluruh Pegawai serta Honorer Pengadilan Agama Pangkalpinang dengan antusias. Acara simulasi bertujuan agar masing-masing personal memiliki pengetahuan dasar mengenai bagaimana menghadapi situasi dan kondisi bila terjadi kebakaran baik di lingkungan Kantor Pengadilan Agama maupun di luar lingkungan kantor.

Sebagai pembicara yaitu Bapak Arbian, Petugas Pemadam Kebakaran Pangkalpinang, menyatakan bahwa kunci utama dari menghadapi kebakaran adalah sikap yang tenang dan tidak panik. Beliau juga memberikan penjelasan cara-cara dalam menghadapi kebakaran, baik kebakan karena api maupun karena konsleting listrik. Dalam simulasi dijelaskan juga mengenai jenis-jenis APAR dan penggunaannya sekaligus menjelaskan tentang ciri kondisi APAR yang siap pakai, yakni posisi masih tersegel, ada Pen Pengaman, pada label pengecekan APAR (tanggal pemeriksaan dan kondisi APAR) masih berfungsi. Dan ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan saat memadamkan api, antara lain yaitu:

  1. Posisi pemadaman harus membelakangi arah datangnya angin
  2. Pergunakan alat pelindung diri
  3. Penyelamatan nyawa manusia yang paling utama
  4. Pergunakan alat pemadam api yang sesuai
  5. Informasikan keadaan darurat secepatnya kepada petugas pemadam kebakaran daerah/wilayah

Pelaksanaan simulasi dilakukan di luar ruangan karena memerlukan udara terbuka. Dengan menyediakan ranting kayu dan bensin, acara simulasi memadamkan api dimulai. Dalam kesempatan simulasi, para pegawai diberikan kesempatan untuk mencoba mematikan api yang berkobar dengan APAR yang telah disediakan.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkalpinang, Ibu Sri Roslinda, S.Ag., M.H, menyebutkan bahwa kegiatan sosialisasi dan simulasi yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu agenda wajib dalam rangkaian akreditasi penjaminan mutu sekaligus memberi pemahaman kepada pegawai tentang fungsi APAR, juga melatih para pegawai agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil. Sebagai penutup dari acara Sosialisasi APAR dan Simulasi Pemadaman Kebakaran para pegawai berfoto sebagai bentuk kebersamaan dan juga sebagai kenang-kenangan dari acara tersebut diatas. (Nisa)

           

Tautan Aplikasi

Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung @ 2021