on . Hits: 25

Rapat Evaluasi Kinerja Tahun 2021 Dan Program Prioritas Tahun 2022 Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI

Sungailiat | pa-sungailiat.go.id

Menyambut awal tahun 2022, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI mengadakan rapat evaluasi kinerj tahun 2021 juga menyampaikan program prioritas yang akan dilaksanakan pada Tahun 2022. Rabu, 5 Januari 2022 bertempat di ruang media center PA Sungailiat, Ketua didampingi oleh Wakil Ketua dan Panitera mengikuti acara tersebut secara daring. Dimulai dari pukul 13.30 WIB rapat ini berlangsung sampai dengan pukul 17.00 WIB dipimpin langsung oleh Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI dan di hadiri oleh seluruh Peradilan Agama se-Indonesia.

Di kesempatan ini Dirjen Badilag mereviu tentang pencapaian setiap satuan kerja di SIPP maupun e-Court dan juga perkara mediasi. Bagi satuan kerja yang berhasil mendapatkan peringkat terbaik dan teratas langsung mendapatkan rewards sesuai apa yang selalu diutarakan oleh beliau bahwa untuk ketua dan para hakim yang menginginkan perpindahan maka dapat direalisasikan. Tentunya diharapkan ini akan menjadi penyemangat untuk satker lain dalam meningkatkan kinerjanya.

Dengan menggunakan e-Court diharapkan dapat mengajarkan kepada warga masyarakat luas di daerah menjadi paham akan teknologi. Maka dari itu agar pengajuan perkara di tahun ini di utamakan melalui e-Court. Kemudian PA Pariaman menjadi percontohan sebagai satker yang mempunyai ruang mediasi terbaik. Diharapkan kepada para hakim mediator, agar bisa mendamaikan para pihak berperkara. Dengan memberikan waktu sejenak bagi para pihak masuk terlebih dahulu ke dalam ruang mediasi selama kurang lebih dua menit untuk kemudian membaca tulisan-tulisan bijak yang terpajang, semoga dapat mengurungkan niat mereka dan berdamai kembali rujuk. “Karena anak adalah korban dari perceraian yang bisa berakibat hidupnya terlantar. Semakin banyak anak terlantar karena perceraian maka tidak akan ada penerus bangsa yang baik” ucap Dirjen Badilag.

Untuk Program prioritas Ditjen Badilag MA RI Tahun 2022 ada beberapa poin di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Optimalisasi e-court dan gugatan mandiri
  • Optimalisasi pembangunan ZI
  • Peningkatan kualitas SDM
  • Optimalsisai mediasi
  • Inovasi dan prestasi
  • Kepatuhan pelaksanaan putusan pengadilan
  • Implementasi dan pengembangan 22 inovasi
  • Evaluasi program

Sebagai penutup dari acara rapat ini, kembali Dirjen Badilag mengingatkan kepada setiap satker agar dapat dilaksanakan perintah sesuai surat edaran untuk segera memasang banner ASN Berakhlak. Mengutip dari apa yang beliau sampaikan di ahir acara bahwa “Tidak Ada keberhasilan yang diraih dengan instan, semua butuh proses. Jika anda mengharapkan hasil maskimal maka tiada pilihan selain bekerja keras, bekerja ikhlas, bekerja cerdas dan berdedikasi tanpa batas.” Maka terus semangat dalam mencapai sukses. (NWK)

Tautan Aplikasi

Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung @ 2021