on . Hits: 33

Mediasi Berhasil oleh Bapak Wakil Ketua PA Tanjungpandan

 

Menjadi seorang mediator dalam perkara perceraian memang membutuhkan kesabaran dan kejelian dalam mencari peluang agar suami istri yang sedang berselisih dapat kembali rukun, tidak semudah membalikan telapak tangan, rintangan dan hambatan kerap terjadi dalam mendamaikan, tidak sedikit mediator mendapat jalan buntu dalam memberikan nasehat agar terjadi perdamaian diantara pihak yang berselisih.

Perjalanan kehidupan rumah tangga pastilah ada suka dan duka, setiap keluarga pasti mendapatkan ujian yang berbeda-beda dan bagi suami istri yang mampu melewati setiap cobaan dalam rumah tangga pasti akan mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan. Perceraian memang merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh jika sudah tidak ada kebaikan yang dapat dipertahankan dalam kehidupan rumah tangga, namun tidak semua masalah rumah tangga solusinya adalah perceraian.

Rabu, 6 Juli 2022, Wakil Ketua PA Tanjung Pandan wilayah PTA Kepulauan Bangka Belitung (Hamzah, S.Ag., M.H)., yang bertindak sebagai Hakim Mediator dalam sehari telah berhasil mendamaikan sebuah perkara pasangan suami istri yang berseteru, “akhirnya dengan kesabaran dan pemberian pemahaman atas permasalahan yang dihadapi mereka, berhasil dengan damai tanpa ada keterpaksaan, sungguh diluar dugaan hati mereka ahirnya tersentuh, hanya kepada Allah lah saya berserah diri serta bersyukur atas Kuasanya yang telah memberikan hidayah kepada mereka”, saya jadikan keberhasilan ini sebagai salah satu orientasi utama dari Reformasi Birokrasi, terwujudnya “Badan Peradilan Indonesia yang Agung”, sekaligus merupakan bentuk implementasi terhadap keadilan melalui Mediasi (non litigasi), dengan azas penyelenggaraan Peradilan yang sederhana, cepat serta biaya ringan, , “ujar wakil ketua yang enerjik dan memperoleh sertifikat pimpinan yang lincah dari Pusdiklat MARI  ini”.

Momentum ini merupakan keberkahan dan manfaat ilmu yang diperoleh Hamzah, S.Ag.MH. Wakil Ketua PA Tanjungpandan, saat mengikuti Diklat Mediasi di Megamendung tahun lalu, dan ternyata membuahkan hasil yang signifikan manakala mediasi dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan keseriusan dalam menerapkan ilmu-ilmu yang diperolehnya tersebut.

Semoga kabar ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi mediator-mediator lain untuk terus berbuat yang terbaik demi kemajuan institusi peradilan agama. Aamiin.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung @ 2021