Written by Super User on . Hits: 207

PTA Kepulauan Bangka Belitung Dukung Optimalisasi Potensi Mahasiswa Menjadi Akademisi dan Praktisi Hukum yang Profesional

Pangkalpinang, 15 Juli 2020, PTA kepulauan Bangkan Belitung kembali mendorong Optimalisasi Optimalisasi Potensi Mahasiswa Menjadi Akdemisi dan Praktisi Hukum yang Profesional. Ketua PTA Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Hj. Umi Kulsum dalam pemaparan materinya pada acara Pembekalan Magang Mahasiwa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islami IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menyampaikan bahwa pesatnya kemajuan teknologi membawa perubahan nyata dalam keseharian banyak orang, yang tanpa disadari hal ini berdampak pada perilaku manusia. Pada gilirannya, lembaga bisnis maupun lembaga pelayanan publik lainnya harus mengakomodasi dan memfasilitasi perubahan perilaku manusia akibat dari setiap kemajuan teknologi yang berubah dengan cepat.

Menurut beliau, hal ini juga mmepengaruhi kebijakan-kebijakan di Lembaga Peradilan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi mulai dari tahun 2010 hingga sekarang. Tahun 2020 adalah era E-Doc dimana Peradilan mulai membuka diri dengan diakuinya dokumen elektronik sebagai dokumen legal dihadapan majelis Hakim. Selain itu, Mahkamah Agung mulai mempublikasikan salinan putusan kepada khalayak. Tahun 2012 adalah Era SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Peradilan di Indonesia melakukan perombakan mengenai mindset pegawai. Dari dilayani menjadi pelayan yang baik.

Setiap pelayanan yang tidak meng-arusutamakan teknologi dalam melayani masyarakat akan mendapat penilaian buruk.

 

Pada Tahun 2016 adalah Era PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Peradilan di Indonesia telah menerapkan pelayanan satu pintu bagi para pihak pencari keadilan. Mahkamah Agung menciptakan 11 Aplikasi untuk mempermudah proses pendaftaran hingga pemeriksaan perkara. Tahun 2018 adalah Era E-Doc, dimana Peradilan di Indonesia sudah sangat maju dengan menerapkan e-court.Dengan e-court ini, sangat dimungkinkan proses peradilan dari hulu ke hilir tanpa adanya kontak fisik antara para pihak dengan aparat.

Dalam kesimpulannya beliau menyampaikan beberapa pokok pikiran yaitu:

  1. Perkembangan teknologi Informasi mempunyai dampak yang sangat signifikan bagi dunia Hukum.
  2. Mahasiswa Fakultas Syariah harus mampu membaca dan menganalisa terjadinya perubahan sosial sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi.
  3. Mahasiswa Fakultas Syariah selaku akademisi harus mengoptimalkan perannya baik sebagai subjek tri dharma perguruan tinggi maupun sebagai kader bangsa.
  4. Mahasiswa Fakultas Syariah harus mampu menjadikan sarana teknologi (gadget) sebagai alat yang menopang kepada kemajuan hukum dan aturan perundangan.
  5. Mahasiswa Fakultas Syariah harus mulai membangun link dan jaringan semenjak bangku kuliah dengan memanfaatkan program-program formal kampus (kuliah, seminar, KKN) maupun kegiatan ekstra kampus.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kep. Bangka Belitung
Jl. Pulau Bangka Komplek Perkantoran Provinsi Kep. Bangka Belitung
Kel. Air Itam Kec. Bukit Intan Pangkalpinang - 44138

Telp: 0717- 431929
Fax: 0717- 421639

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

SIBINWAS

MONPEG

Pengadilan Agama@2018